The Word of Web Designer
  • info@suryabuana.sch.id
  • 62 341 574-185

search

Visi

Unggul dalam prestasi, terdepan dalam inovasi, maju dalam kreasi, berwawasan lingkungan, dan berkarakter akhlakul karimah

LEMBAGA

KB-TK SURYA BUANA

Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak

SDI SURYA BUANA

Sekolah Dasar Islam

MTS SURYA BUANA

Madrasah Tsanawiyah

SMA SURYA BUANA

Sekolah Menengah Atas

PPM SURYA BUANA

Pondok Pesantren Modern

Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini (Kandungan)

Pada Minggu, 23 September 2018 Perguruan Surya Buana Malang mengirimkan 3 delegasi dari masing-masing lembaga mulai dari KB-TK, SDI dan MTs Surya Buana Malang dalam acara “Talkshow Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini (Kandungan)” di Pendopo Kabupaten Malang. Acara ini diselenggarakan oleh L-PSDM Titian Insan Cemerlang (TIC) bekerjasama dengan Komunitas Belajar Bengkel Kreasi serta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Malang dalam rangka memperingati Pekan Buku Nasional 2018 dan Roadshow Literasi Nasional. Banyak pejabat teras yang hadir dalam acara ini mengingat pentingnya menggalakkan budaya literasi.

Narasumber pertama pada talkshow kali ini adalah Bapak Dr. Tjahjo Suparjogo, M.Si. Beliau adalah motivator minat baca nasional, reviewer buku-buku parenting Kemendikbud, dan fasilitator minat baca perpustakaan RI. Sedangkan narasumber kedua adalah Bunda Aini-Kiki. Beliau adalah Ibunda dari Aini, penulis buku KKPK (Kecil-kecil Punya Karya), penulis buku “Membaca se Asyik Bermain”, penulis buku parenting Kemendikbud, dan pembicara parenting sahabat keluarga di youtube.

Mengawali talkshow pada kesempatan itu, Pak Cahyo -sapaan akrab Bapak Dr. Tjahjo Suparjogo, M.Si. - menyampaikan bahwa menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001%. Artinya, dari 1000 orang di Indonesia, hanya 1 orang yang rajin membaca. Riset berbeda bertajuk “Most Littered Nation In the World” yang dilakukan oleh Central Connecticut State University pada Maret 2016 lalu, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca. Sedangkan data PISA (Program for International Student Assessment, red) peringkat Indonesia dalam hal minat membaca adalah 69 dari 76 negara. PISA merupakan sistem penilaian secara internasional yang menitikberatkan pada kemampuan anak usia 15 tahun dalam bidang literasi membaca, literasi matematika dan literasi dalam bidang sains. Ini adalah fakta yang sangat memprihatinkan. Ada 3 topik penting yang beliau sampaikan yaitu (1) Kiat-kiat gemar membaca, (2) Pengembangan Bahasa Saling (3) Intervensi dini dalam membaca.

Pada topik pertama beliau menyampaikan bahwa kita lah penentu anak kita memiliki minat dan gemar membaca atau tidak. Sebelum adanya sanggar baca, dan sebagainya maka minat baca pada dasarnya bisa ditumbuhkan dari keluarga. Jika minat tersebut sudah ditumbuhkan kemudian diasah maka akan menjadi kegemaran, lalu menjadi hobi, kebiasaan / habbit dan pada akhirnya budaya. Budaya membaca/literasi inilah yang kita harapkan untuk memperbaiki kondisi negara kita dari langkah kecil. Fenomena yang terjadi selama ini dan sebenarnya salah kaprah adalah para orang tua menyerahkan sepenuhnya kepada PAUD dan lepas tangan di dalam membudayakan literasi. Padahal, keluarga lah penentu segalanya. Analogi terdapat 2 kondisi pohon yaitu pohon rindang dan pohon kering, sebenarnya yang membedakan keduanya adalah seberapa besar stimulus membaca dari keluarga sehingga sel syaraf otak pada anak-anak bercabang banyak atau sedikit.

Pada topik kedua beliau menyampaikan bahwa ada keterkaitan antara mendengar→berbicara, dan menulis→membaca. Maksudnya adalah seorang anak tidak akan mampu berbicara jika tidak pernah mendengar sesuatu. Kemudian seorang anak juga tidak akan mampu membaca jika tidak pernah menulis sesuatu. Jadi, sebelum ditemukan teori membaca, mendengar adalah proses alamiah dan orang tua wajib memperdengarkan sesuatu kepada anak. Dengan kata lain, banyak sedikitnya diksi yang dimiliki oleh anak tergantung diksi yang sering diberikan dan diekspresikan orang tua.

Pada topik ketiga beliau menjelaskan bahwa intervensi dini dalam membaca bisa dimulai sejak dalam kandungan. Para ibu dan ayah diharapkan berbicara yang lembut, karena pada dasarnya janin sudah bisa merasakan dengan hati meskipun indra pendengarannya belum sempurna. Para bunda lebih bagus lagi jika memperdengarkan suara-suara seperti musik instrumental, ayat-ayat suci Al-Qur’an, bisa melakukan monolog seperti bersholawat, bahkan bisa berdialog menggunakan media buku, atau mengajak komunikasi si janin dengan sapaan penuh kasih sayang. Jika hal ini dipatuhi inshAllah buah hati akan terlahir dengan sempurna, cerdas dan sholih/ah serta kutu buku. Narasumber kedua, Bunda Aini mengangkat topik yang tak kalah seru dari pembicara pertama yaitu “Mendidik Anak di Era Digital”. Prolog beliau adalah hadiah terbaik adalah buku. Empat Tips Menumbuhkan Minat Baca sejak Dini, yaitu 4”Si” : 1) Stimulasi, 2). Imitasi, 3). Fasilitasi, 4). Apresiasi.

Stimulasi bisa dilakukan dengan cara memberikan hadiah / reward yang dicapai anak berupa buku, tampakkan gesture berbinar-binar saat melihat judul buku yang bagus (Wah, bagusnya buku itu!!), menjadi role model yang mencintai buku, jika orang tua selalu bermain gadget, dapat dipastikan si anak juga suka gadget, serta memberi contoh membaca buku setiap saat. Imitasi/ peniru ulung. Seperti Semboyan Ki Hajar Dewantoro”Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karso, Tut Wuri Handayani.” Anak lebih suka meniru tingkah laku orang tua daripada ucapan. Anak lebih mudah meniru apa yang kita lakukan daripada yang kita perintahkan.

Fasilitasi, yaitu memberikan fasilitas kepada siswa. Hal itu bisa dilakukan dengan meletakkan buku tidak jauh dari arena bermain. Yang terakhir yaitu apresiasi. Apresiasi adalah memberi penghargaan kepada anak jika sudah mulai menunjukkan kegemaran membaca buku meskipun dalam prosentase yang masih sangat kecil. Pada akhir penyajian materi, beliau menyampaikan penelitian yang menunjukkan bahwa Bill Gates (salah seorang pengusaha revolusi komputer pribadi terkenal di dunia) memberikan piranti teknologi ke putrinya pada saat usia 14 tahun. Pemberian tersebut disertai dengan penjelasan (SOP), manfaat saat itu dan ke depannya seperti apa. Nah, bagaimana dengan kita? Selama ini para orang tua sangat bangga jika sudah memberikan gadget kepada anaknya yang masih kecil bahkan balita, yang notabene belum cukup umur dan belum bisa bijak dalam memanfaatkan media sosial, belum bisa memfilter konten mana yang baik dan tidak baik untuk dikonsumsi.

Sekian ulasan singkat artikel tentang Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini, semoga kita bisa mengaplikasikan untuk diri sendiri, keluarga, kelas, sekolah, masyarakat hingga akhirnya tercipta bangsa yang haus akan membaca kapan pun dan di manapun berada.

Oleh: Kurniawati, S.Si., S.Pd. Guru Kelas VI-C dan Waka Kurikulum SDI Surya Buana Malang

Pendiri

1. Alm. Drs. H. Abdul Djalil Zuhri, M.Ag

2. Dra. Hj. Sri Istutik Mamik, M.Ag

3. Dr. H. Subanji, M.Si

4. dr. H. Elvin Fajrul, M.Kes

PERGURUAN SURYA BUANA

Assalamualaikum wr. wb.

Kemajuan suatu bangsa tergantung pada kualitas sumber daya manusia yang mengelolanya. Sumber daya manusia berkualitas bukan serta merta siap dengan sendirinya melainkan membutuhkan proses pembinaan yang panjang dan berkesinambungan. Oleh sebab itu kehadiran sekolah formal dan non formal sebagai suatu keniscayaan yang tidak bisa ditawar.

Perguruan Surya Buana sebagai lembaga pendidikan turut mengambil peran dalam upaya menyiapkan generasi muslim masa depan secara berkesinambungan mulai KB/TK, SDI, MTS sampai SMA dan sedang disiapkan sekolah setingkat perguruan tinggi. Kami terus bergerak membangun masa depan dan kemajuan bangsa dengan 'The Future Moslem Generation' sebagai tulang punggungnya, yakni suatu generasi yang cerdas secara spiritual, memiliki karakter kebangsaan serta berwawasan global.

Maka kami mengundang partisipasi seluruh masyarakat kota Malang pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya untuk bersama-sama menggerakkan visi misi perguruan surya buana ini demi terwujudnya suatu generasi yang cerdas secara spiritual, memiliki karakter kebangsaan serta berwawasan global sebagai sumber daya penggerak pembangunan bangsa Indonesia.

Wassalamualaikum wr. wb.

Salam pendidikan.

Direktur

dr. H. Elvin Fajrul, M.Kes

Bersama Umi Dayati, Parenting Asyik Sampai ke Hati

Bersama Umi Dayati, Parenting Asyik Sampai ke Hati

Berbicara tentang ragam perubahan besar di era revolusi industri 4.0 sudah mulai tampak dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa perubahan besar tersebut diantaranya adalah terjadinya digitalisasi dan otomatisasi hampir dalam seluruh aspek...

Sedekah Jumat Berkah (SJB) MATSASURBA

Sedekah Jumat Berkah (SJB) MATSASURBA

”Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya (hari cerah) adalah hari Jum’at, (karena) pada hari ini Adam diciptakan, hari ini pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya, dan tidaklah...

Sabet Tujuh Medali Emas, Empat Perak, dan Empat Perunggu di Kejuaraan Nasional IPSI, MATSASURBA Raih Juara Umum

Sabet Tujuh Medali Emas, Empat Perak, dan Empat Perunggu di Kejuaraan Nasional IPSI, MATSASURBA Raih Juara Umum

Di usianya yang masih remaja, 15 atlet MTs Surya Buana Kota Malang berhasil meraih prestasi yang luar biasa. Banyak medali yang mereka dapatkan di Ajang Kejuaraan Pencak Silat Open Tournament...

Outbond MATSASURBA: Great Team, One Dream, Get Successful

Outbond MATSASURBA: Great Team, One Dream, Get Successful

Pada Rabu, 10 Oktober 2018, seluruh warga MTs Surya Buana Malang mengadakan outbond di Taman Rekreasi Sengkaling UMM. Lokasinya cukup strategis di jalan Mojoagung 188 Dau, Malang sehingga memudahkan siswa...

Jumat Berwarna dan Bermakna untuk Saudara kita di Donggala

Jumat Berwarna dan Bermakna untuk Saudara kita di Donggala

Pasca Penilaian Tengah Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019, Jumat, 5 Oktober 2018 siswa-siswi SD Islam Surya Buana mempunyai tiga kegiatan yang inspiratif. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk respon cepat...

Menumbuhkan Kecerdasan Intrapersonal melalui Kegiatan Membatik

Menumbuhkan Kecerdasan Intrapersonal melalui Kegiatan Membatik

Kegiatan studi visual atau studi lapang merupakan suatu kegiatan yang sudah diterapkan di SD Islam Surya Buana Malang untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan kualitas siswa. Studi visual yang dilaksanakan...

Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini (Kandungan)

Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini (Kandungan)

Pada Minggu, 23 September 2018 Perguruan Surya Buana Malang mengirimkan 3 delegasi dari masing-masing lembaga mulai dari KB-TK, SDI dan MTs Surya Buana Malang dalam acara “Talkshow Menumbuhkan Minat Baca...

Macyto Temani Study Visual Kami

Macyto Temani Study Visual Kami

Selasa, 25 September 2018 kelas 2 SD Islam Surya Buana Malang kembali mengadakan Study Visual (SV) untuk melengkapi pembelajaran Tematik Tema 2 Subtema 4, Bermain di Tempat Wisata. Kali ini,...

Berwisata dan Berkarya di Eco Green Park

Berwisata dan Berkarya di Eco Green Park

Study Visual kelas 4 kali kedua ini dilaksanakan pada hari Senin, 24 September 2018 dengan tujuan ke Eco Green Park, Batu. Kegiatan ini merupakan kegiatan akhir puncak tema 2 Selalu...

Yuk intip... kegiatan belajar menggosok gigi KB-TK Surya Buana

Yuk intip... kegiatan belajar menggosok gigi KB-TK Surya Buana

Menjaga kebersihan gigi dan mulut harus dilakukan sejak dini. Kerusakan gigi pada anak tidak bisa dianggap sepele, karena hal tersebut bisa mempengaruhi pertumbuhan gigi selanjutnya yang merupakan gigi permanen ungkap...

Serunya naik "Bus MACITO"

Serunya naik "Bus MACITO"

Wow Seruu!!! kita naik bis MACITO Lagi, Salah satu agenda kegiatan di KB-TK Surya Buana 2th sekali. "MACITO" adalah sebutan untuk bus Malang City Tour sebuah layanan bus wisata kebanggaan...

KB-TK SURYA BUANA, belajar berbagi pada sesama

KB-TK SURYA BUANA, belajar berbagi pada sesama

Malang, Pada kesempatan yang lalu tepatnya pada tanggal 10 Muharrom 1440 H siswa/i KB-TK Surya Buana melaksanakan Bakti Sosial berbagi bunga pada pengunjung lokal dan wisatawan asing yang singgah di...

MUSABAQOH HIJRIAH 1440H

MUSABAQOH HIJRIAH 1440H

Telah hadir lomba "MUSABAQOH HIJRIAH II 1440H" Tingkat SMP/MTs, Ponpes, Madin (Usia 12-15 Th) se-Malang Raya dengan tema "Mencintai Al-Qur'an sebagai Pandangan Hidup Generasi Muda".

Business Day Kelas 5 : Semakin Seru dan Berkah di Tahun Baru

Business Day Kelas 5 : Semakin Seru dan Berkah di Tahun Baru

Hore! Bertemu lagi dengan Business Day! Semakin seru dan Semakin berkah. Mengapa? Karena pada hari Jumat, 14 September 2018, seluruh siswa-siswi kelas 5 SD Islam Surya Buana mendapat giliran untuk...

Mading 3D : "Saatnya Kita Bersatu untuk Peduli"

Mading 3D : "Saatnya Kita Bersatu untuk Peduli"

Green School Festival 2018 telah tiba. Seluruh sekolah khususnya di kota Malang menyambut GSF 2018 dengan penuh semangat. GSF 2018 mengusung sembilan isu. Selain itu, ada beberapa kategori yang dilombakan...

RAIH JUARA UMUM 3 PMR MATSASURBA BERJAYA DI TINGKAT PROVINSI

RAIH JUARA UMUM 3 PMR MATSASURBA BERJAYA DI TINGKAT PROVINSI

PMR MATSASURBA dalam kerjanya tak mengenal kata menyerah, lelah dan pasrah. Setiap kegiatan yang diikutinya senantiasa diiringi dengan doa dan usaha. Dalam prosesnya mereka begitu gigih untuk mencapai apa yang...

SELAMAT DAN SUKSES KEPADA ANANDA KAUTSAR

SELAMAT DAN SUKSES KEPADA ANANDA KAUTSAR

SELAMAT DAN SUKSES Kepada ANANDA KAUTSAR telah meraih 2 medali Emas dalam Kejuaraan Nasional Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) di Semarang "Kategori seni Tunggal Tangan Kosong dan bersenjata".

First Time, Business Day Kelas 6 Berjalan Sangat Seru

First Time, Business Day Kelas 6 Berjalan Sangat Seru

Mengakhiri bulan Agustus, tepatnya pada hari Jumat, 31 Agustus 2018, seluruh siswa-siswi kelas 6 SD Islam Surya Buana melaksanakan kegiatan Business Day untuk yang pertama kali. Business Day merupakan salah...

« »

OUR PARTNER

Dalam rangka mewujudkan visi misinya surya buana bekerjasama dengan beberapa instansi berikut .

CONTACT INFO

  • Address: Jalan Gajayana IV/631, Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Phone: +62 341 574 185
  • Mail: info@suryabuana.sch.id